Menkominfo: Google Akan Stop Terima Iklan Politik

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku telah membahas sejumlah hal dengan Presiden Google Asia Pasifik Karim Temsamani. Salah satunya, Google dalam waktu dekat akan berhenti menerima iklan politik.

"Beberapa hal dibahas mengenai pendidikan sumber daya manusia, tapi yang satu paling penting, Google sudah menetapkan tidak akan menerima iklan politik," kata Rudi, Rabu (12/9/2018).

Menurut dia, keputusan menghentikan iklan politik itu merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik, khususnya Indonesia. Apalagi, kata Rudi, Indonesia akan disibukkan dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.

Rudi menjelaskan hal ini akan berlaku untuk platform-platform online yang dikelola Google seperti Google Ads. Untuk website pribadi tidak ada halangan.

"Kalo website, lain, ini yang di-manage oleh Google sendiri. Jadi kalau kita pasang ads, minta Google usia dan lokasinya di mana, itu selama konten politik, Google tidak menerima," kata dia.

Rudiantara mengatakan Kominfo rencananya juga akan membicarakan mengenai hal serupa dengaan platform lainnya yang sejenis.(hy/mah)

  • Whatsapp

Index Berita